tips membuat blog agar menarik

Juli 14, 2011

sebagian banyak orang akan lebih menyukai situs jejaring sosial di bandingkan blog. karena mereka merasa bahwa blog lebih rumit atau mungkin ada juga yang merasa tidak menarik. padahal sebuah blog bisa menjadi sangat menarik dan dapat di atur sesuka hati pemiliknya. bisa di isi dengan berbagai macam informasi yang dapat pemiliknya bagi dengan siapa saja yang membutuhkan informasi tersebut. blog akan menjadi sesuatu yang sangat menarik dan bermanfaat jika pemiliknya tahu bagai mana cara mengelola blog yang baik.

1.mengisi blog dengan berbagai macam widget

widget merupakan aksesoris penting dalam sebuah blog agar terlihat menarik di mata pengunjung. tanpa widget,blog akan terlihat sangat membosankan apa lagi jika posting yang anda buat tidak menarik,,yang ada pengunjung kapok untuk mengunjungi blog anda lagi. manfaatkan fasilitas yang telah di berikan oleh pengelola blog dengan sebaik mungkin. jika tidak tahu,maka mulailah mencari tahu bagai mana cara mempercantik blog anda. saya akan memuat berbagai macam cara mempercantik blog anda pada posting berikutnya...:)

2. aktif upload blog

aktif upload blog bertujuan agar anda mengetahui perkembangan dari blog anda. misalnya saja ada komentar pada posting anda,dengan anda rajin upload blog,maka anda dapat membalas komentarnya dan pengunjung bisa merasa puas dengan informasi yang anda berikan.

3. membuat judul blog yang menarik 

judul merupakan hal yang paling penting. buat lah judul blog yang menarik agar orang lain mudah menemukan blog anda dan merasa penasaran untuk mengunjunginya karena judulnya yang menarik itu. judul blog yang menarik juga dapat memberikan kesan mudah di ingat oleh pengunjung agar bisa mengunjunginya lagi lain kali.

4. membuat judul posting yang update

judul posting yang update biasanya akan lebih diminati dan akan banyak di cari orang. ada rasa puas tersendiri jika postinya yang kita buat banyak di kunjungi orang loh...

5.buat posting yang jelas dan mudah di mengerti

usahakan agar posting anda tidak mempersulit pembaca untuk memahami isi dari posting anda. gunakan kata-kata yang logis,ringkas,jelas dan menarik tentunya. ada banyak macam jenis font yang dapat anda gunakan.

6. kuasai pembahasan posting

 kuasailah pembahasan posting anda. jangan memberi informasi yang setengah-setengah sehingga membuat pembaca menjadi merasa hanya membuang-buang waktu saja. tidak perlu dengan kata-kata yang banyak tetapi cukup dengan mengenai sasaran dari materi yang akan di sampaikan.

7. cermati tulisan sebelum di posting

tidak bagus jika postingan anda banyak berisi kata-kata yang salah ketik. kalau hanya sedikit yah masih bisa di maklumi lah, namanya juga manusia tetapi tentu saja harus di usahakan agar tidak ada kata-kata yang salah. periksalah kembali sebelum di terbitkan.

8. berikan informasi yang akurat

jangan asal membuat posting. kasihan kan jika orang yang benar-benar tidak tahu apa-apa dan setelah membaca posting yang anda buat tetapi malah menjadi salah konsepsi. berikan informasi yang sebenar-benarnya dan sertakan buktinya agar lebih meyakinkan pembaca dengan memberi kutipan dari mana anda mendapat informasi itu.

9. usahakan untuk tidak membuat artikel yang tidak bisa di copy oleh pembaca

memang sangat menyebalkan jika apa yang telah kita buat dengan penuh perjuangan tetapi seenaknya saja orang lain copast (copy-paste). menurut saya pribadi,jika tidak mau di bajak oleh pengguna dunia maya ya tidak usah anda terbitkan di blog saja. jika anda menerbitkannya ya secara tidak langsung anda menginginkan orang lain tahu tentang itu.

itulah tips untuk membuat blog menjadi menarik.
untuk menambahkan widget,anda bisa lihat pada posting selanjutnya..
selamat ber experiment dengan blog anda :D

0 komentar:

Posting Komentar